(Tanggal diperbarui pada 21 Disember 2021)
English | Bahasa
  1. Lingkup Pemberitahuan

    1. Pemberitahuan Privasi ini berlaku untuk informasi, termasuk data pribadi, yang dikumpulkan tentang Anda oleh Public Gold dan afiliasinya ("Perusahaan") (“PGG”), yang dirujuk dalam pernyataan ini baik secara individu atau kolektif disebut sebagai “perusahaan”, “kami”, atau “kita”.
    2. Data pribadi adalah informasi yang diambil dari transaksi komersial yang dapat mengidentifikasi Anda secara beralasan.
    3. Pemberitahuan Privasi ini menguraikan data pribadi yang dikumpulkan oleh perusahaan secara online melalui situs web atau Aplikasi kami, serta secara offline melalui produk dan layanan kami yang ditawarkan di konter, oleh Perwakilan Layanan Pelanggan perusahaan, dan/atau tim penjualan dan pemasaran perusahaan.
  2. Komitmen Privasi Kami

    1. Pemberitahuan Privasi ini diterbitkan untuk memberi tahu Anda tentang komitmen Perusahaan terhadap kebijakan untuk selalu melindungi kerahasiaan, integritas, dan keamanan informasi yang Anda berikan kepada kami karena kami menyadari pentingnya informasi pribadi yang kami simpan tentang pelanggan dan kepercayaan yang diberikan kepada kami.
    2. Data Anda tergolong rahasia dan hanya boleh diungkapkan oleh kami yang diizinkan oleh Anda, diizinkan oleh undang-undang apa pun, (termasuk peraturan, standar, pedoman, dan/atau kewajiban) yang berlaku di Perusahaan.
  3. Sumber Pengumpulan Informasi Pribadi Anda

    1. Kami akan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk sumber yang disebutkan di bawah ini, yang mungkin merupakan data pribadi dan/atau *data pribadi sensitif yang relevan dengan hubungan bisnis kami dengan Anda:
      1. Informasi yang kami kumpulkan dari Anda secara langsung ketika Anda:
        • Mengajukan permohonan produk atau layanan, membuat akun, melakukan transaksi dari rekening Anda, membayar tagihan Anda atau mengajukan pembiayaan atau menggunakan kartu kredit atau debit Anda;
        • Berbicara kepada kami melalui telepon atau secara pribadi termasuk proses penjualan atau pemasaran produk atau layanan kepada Anda atau ketika Anda menelepon untuk pertanyaan dan/atau melalui panggilan telemarketing kami; dan
        • Mengunjungi situs kami, menggunakan layanan kami, melihat iklan online kami.
      2. Informasi yang kami kumpulkan tentang Anda dari sumber lain tanpa keterlibatan langsung Anda diizinkan oleh hukum:
        • Dari Badan Referensi Kredit untuk penilaian kredit ketika mempertimbangkan aplikasi kredit; dan
        • Dari perintah pengadilan atau badan pengatur yang memiliki wewenang atas Perusahaan atau lembaga penegak hukum mana pun untuk mempertimbangkan pembukaan/pemeliharaan akun Anda bersama kami.

      3. * Data pribadi yang sensitif mencakup informasi tentang kesehatan fisik dan mental, opini politik, keyakinan agama, atau catatan kriminal Anda.
  4. Pengumpulan Informasi Pribadi

    1. Jenis informasi pribadi yang dikumpulkan bervariasi tergantung pada jenis produk dan layanan yang Anda cari dan pengumpulan dapat dimulai sebelum Anda menerima atau setelah mendaftar atau tergantung pada cara Anda mengakses dan menggunakan produk dan layanan kami. Informasi yang dikumpulkan akan mencakup:
      1. Informasi yang mengidentifikasi Anda:
        • Nama, sapaan/jabatan Anda, alamat dan informasi kontak lainnya seperti nomor telepon,nomor ponsel, dll.;
        • Usia Anda, jenis kelamin, tanggal lahir, ras, kewarganegaraan, status perkawinan,rincian dokumen identitas seperti kartu identitas atau paspor jika berlaku;
        • Rincian pendidikan dan pekerjaan Anda;
        • Informasi yang ditangkap pada sistem keamanan [termasuk rekaman gambar Anda di Closed Circuit Television (“CCTV”]];
        • Nama dan keterangan resmi pejabat, direktur, pemegang saham, pemilik manfaat,pendaftaran bisnis, negara pendirian dan transaksi keuangan ataukomersial perusahaan, jika berlaku;
        • Tanggal panggilan sidang (hanya berlaku untuk pengacara);
        • Hubungan dengan subjek data/pihak ketiga lainnya; dan
        • Nomor Pokok Wajib Pajak (untuk keperluan pemasukan pajak).
      2. Informasi tentang posisi keuangan Anda:
        • Sumber pendapatan, pengeluaran, tabungan, aset, kewajiban, portofolio investasi dan riwayat pinjaman;
        • Nomor rekening/Nomor pajak penghasilan;
        • Laporan keuangan audit/manajemen terbaru;
        • Laporan kredit dari agen pelaporan kredit, laporan rekonsiliasi harian; dan
        • Pendapat dari Perusahaan lain tentang kelayakan kredit Anda.
      3. Informasi tentang tujuan penggunaan produk atau layanan kami oleh Anda.
      4. Informasi tentang pendapat Anda tentang produk, layanan, atau staf.
    2. Dalam keadaan tertentu, kami juga dapat mengumpulkan data pribadi yang sensitif jika:
      1. Kami membutuhkannya untuk memberi Anda produk atau layanan tertentu; atau
      2. Anda melamar pekerjaan dengan kami.
  5. Informasi Pribadi tentang pihak ketiga

    Jika suatu saat Anda memberi kami informasi pribadi tentang orang lain, Anda harus memastikan bahwa Anda berwenang untuk melakukannya dan Anda setuju untuk memberi tahu orang itu siapa kami, bahwa kami dapat menggunakan dan mengungkapkan informasi pribadi itu dan bahwa mereka dapat memperoleh akses untuk itu, kita harus memegang informasi tersebut.

  6. Penggunaan Informasi Pribadi

    1. Meskipun, tujuan utama pengumpulan informasi Anda adalah untuk digunakan dalam kegiatan normal bisnis umum antara Perusahaan dan Anda, informasi tersebut juga dapat diterapkan untuk tujuan yang terkait dengan dan terkait dengan tujuan utama yang termasuk namun tidak terbatas terhadap:
      1. Penyediaan Perusahaan keuangan dan layanan terkait lainnya serta fasilitas kredit kepada Anda;
      2. Menawarkan, menjual silang, dan memasarkan produk dan layanan grup dan perusahaan Public Gold Grup serta afiliasinya
      3. c. Melakukan pemeriksaan kredit dan status lainnya pada saat pengajuan dan secara berkala selama jangka waktu kredit untuk memastikan kelangsungan kredit nasabah;
      4. Membuat dan memelihara penilaian kredit Perusahaan dan model terkait risiko;
      5. Penyediaan referensi (pertanyaan status);
      6. Menjaga riwayat kredit pelanggan;
      7. Membantu lembaga keuangan lain untuk melakukan pemeriksaan kredit;
      8. Menyesuaikan dan meningkatkan layanan keuangan atau produk terkait untuk penggunaan pelanggan;
      9. Pemantauan dan pengendalian internal, termasuk namun tidak terbatas pada penentuan jumlah yang terutang kepada atau oleh pelanggan;;
      10. Penegakan kewajiban pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada penagihan jumlah terutang dari pelanggan dan pihak lain yang memiliki kewajiban kepada Perusahaan;
      11. Dimana pengungkapan diperlukan di bawah hukum, aturan, peraturan, perintah pengadilan atau pedoman apapun yang dikeluarkan oleh badan pengatur yang memiliki otoritas atas Perusahaan atau lembaga penegak hukum;
      12. Memungkinkan penerima hak yang sebenarnya atau yang diusulkan Perusahaan, atau peserta atau sub-peserta hak Perusahaan sehubungan dengan pelanggan untuk mengevaluasi transaksi yang dimaksudkan untuk menjadi subjek penugasan, partisipasi atau sub-partisipasi;
      13. Penelitian dan analisis statistik (termasuk analisis perilaku);
      14. Terlibat dengan firma hukum untuk menyempurnakan dokumentasi keamanan Perusahaan untuk pinjaman dan uang muka pelanggan;
      15. Memproses data pengacara agar Perusahaan dapat mengevaluasi kelayakannya untuk diangkat menjadi Panel Pengacara Perusahaan;
      16. Membantu vendor resmi untuk melakukan pemeliharaan dan dukungan di tempat untuk sistem dan peralatan TI;
      17. Pemeriksaan uji tuntas untuk karyawan, pemasok, vendor, penyedia perangkat keras dan perangkat lunak TI sebelum mengontrak layanan mereka atau membeli produk mereka;
      18. Merancang dan mengatur kampanye/promosi/acara untuk partisipasi pelanggan termasuk proses pemilihan pemenang, distribusi/pengiriman hadiah dan upacara pemberian hadiah;
      19. Mengambil, merekam dan menyimpan untuk keperluan audit internal/eksternal;
      20. Untuk memenuhi syarat dan ketentuan kontrak kerja dengan Perusahaan;
      21. Administrasi dan pengelolaan gaji, kesehatan dan tunjangan pekerjaan lainnya; dan
      22. Rekaman CCTV juga dapat digunakan untuk tujuan berikut:
        • Untuk tujuan jaminan kualitas;
        • Untuk keselamatan dan keamanan umum;
        • Mendeteksi dan mencegah penggunaan fasilitas, produk, layanan, dan/atau tempat kami yang mencurigakan, tidak pantas, atau tidak sah;
        • Mendeteksi dan mencegah perilaku kriminal; dan/atau melakukan investigasi terhadap insiden.
  7. Izin

    1. Kami hanya mengumpulkan informasi pribadi tentang Anda yang diperlukan untuk menjalankan fungsi dan aktivitas kami. Jika Anda tidak memberikan informasi ini atau menyetujui penggunaan tertentu dari informasi pribadi Anda, kami mungkin tidak dapat menyediakan produk atau layanan yang Anda inginkan atau memproses lamaran kerja atau fasilitas Anda atau menjalin hubungan bisnis dengan Anda.
    2. Dalam kebanyakan kasus, sebelum atau pada saat mengeluarkan produk baru atau melamar fasilitas atau melamar pekerjaan dengan Perusahaan, (atau jika itu tidak dapat dilakukan, sesegera mungkin setelahnya) kami akan mendapatkan persetujuan Anda untuk tujuan yang dimaksudkan untuk digunakan dan untuk mengungkapkan informasi pribadi Anda.
    3. Persetujuan Anda dapat dinyatakan secara lisan atau tertulis atau tersirat oleh tindakan Anda.
  8. Kerahasiaan Data dan Berbagi Informasi Pribadi

    1. Kami dapat membagikan informasi pribadi Anda dengan Afiliasi untuk menawarkan produk dan layanan Perusahaan dan Afiliasi kepada Anda yang mungkin menarik bagi Anda. Untuk memungkinkan kami melakukan hal yang sama, kami akan mendapatkan persetujuan Anda dan hanya membagikan informasi pribadi Anda untuk tujuan yang telah Anda setujui.
    2. Data (kecuali data yang sudah berada dalam domain publik) yang dipegang oleh Perusahaan terkait dengan Anda akan dijaga kerahasiaannya, tetapi kami mungkin perlu membagikan informasi pribadi Anda dalam kegiatan bisnis umum yang normal dan terkait dengan tujuan utama pengumpulan informasi Anda dengan pihak-pihak berikut, setiap saat tunduk pada hukum apa pun (termasuk peraturan, standar, pedoman, dan/atau kewajiban) yang berlaku bagi kami:
      1. Perusahaan dan afiliasinya;
      2. Setiap agen, kontraktor, pengembang, penyedia layanan pihak ketiga, penyedia jaminan keuangan, penasihat, likuidator/Penerima & Manajer, auditor, juru lelang, dealer/distributor kendaraan/pedagang/produsen atau konsultan yang menyediakan administrasi, telekomunikasi, pembayaran elektronik, pemrosesan data dan analisis, pembayaran, kliring sekuritas, penagihan utang, penilaian, asuransi, penelitian, hukum, keuangan, akuntansi, perpajakan, audit atau merujuk bisnis kepada kami atau layanan lain kepada Perusahaan;
      3. Setiap orang lain yang secara tersurat maupun tersirat telah berjanji untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut atau sebaliknya berada di bawah kewajiban kerahasiaan kepada Perusahaan;
      4. Setiap lembaga keuangan atau lainnya, biaya kredit atau perusahaan kartu lain yang dengannya pelanggan memiliki atau mengusulkan untuk melakukan transaksi;
      5. Setiap pihak bersama-sama dengan siapa Perusahaan meluncurkan, mengatur atau menawarkan produk, fungsi atau layanan dan pihak lain yang memiliki perjanjian bisnis dengan Perusahaan sehubungan dengan layanan, produk, survei umpan balik pelanggan dan fungsi yang ditawarkan atau diselenggarakan oleh atau melalui Perusahaan;
      6. Perusahaan penarik memberikan salinan cek yang telah dibayar (yang dapat memuat keterangan tentang penerima pembayaran) kepada penarik;
      7. Agen pelaporan kredit, dan, dalam hal gagal bayar, ke agen penagihan utang;
      8. Setiap orang, yang diwajibkan oleh undang-undang, peraturan, regulasi, perintah pengadilan dan berdasarkan pedoman apa pun yang dikeluarkan oleh peraturan atau otoritas lain;
      9. Setiap pihak yang memberikan atau mengusulkan untuk memberikan jaminan pihak ketiga untuk menjamin atau mengamankan kewajiban nasabah;
      10. Setiap pihak yang mengajukan permintaan apa pun yang disebutkan dalam paragraf 6.1 (k) di atas;
      11. Setiap penerima pengalihan aktual atau yang diusulkan dari Perusahaan atau peserta atau sub peserta atau penerima pengalihan hak Perusahaan sehubungan dengan pelanggan;
      12. l. Kampanye pemasaran menghadiahkan nama-nama pemenang ke media dan situs web Perusahaan; dan
      13. Penasihat hukum dan profesional lainnya dari pihak mana pun yang disebutkan dalam butir 8.2 (a) hingga (l) di atas.
  9. Transfer Internasional

    1. Karena kami dapat beroperasi secara regional, informasi pribadi dapat diproses dan diungkapkan seperti yang dijelaskan di atas di negara mana pun tempat kami menjalankan bisnis atau memiliki penyedia layanan berdasarkan Kebijakan Privasi ini jika:
      1. Anda telah memberikan persetujuan untuk transfer tersebut;
      2. b. Transfer diperlukan untuk pelaksanaan kontrak antara Anda dan Perusahaan;
      3. c. Pengalihan diperlukan untuk penyelesaian atau pelaksanaan kontrak antara Perusahaan dan pihak ketiga yang dibuat atas permintaan Anda atau untuk kepentingan Anda;
      4. d. Pemindahan adalah untuk setiap proses hukum atau untuk mendapatkan nasihat hukum atau untuk menetapkan, melaksanakan atau membela hak-hak hukum;
      5. Perusahaan memiliki alasan yang masuk akal untuk meyakini dalam semua keadaan bahwa:
        1. Pengalihan tersebut untuk menghindari atau mengurangi tindakan merugikan terhadap Anda;
        2. Tidak mudah untuk mendapatkan persetujuan Anda secara tertulis untuk transfer tersebut;
        3. Jika mudah untuk mendapatkan persetujuan tersebut, Anda akan memberikan persetujuan Anda.
      6. Perusahaan telah mengambil semua tindakan pencegahan yang wajar dan melakukan semua uji tuntas untuk memastikan bahwa informasi pribadi Anda akan diproses di tempat tersebut sesuai dengan hukum Malaysia;
      7. Transfer diperlukan untuk melindungi kepentingan vital Anda; atau
      8. Dimana Pemerintah menganggap bahwa transfer informasi pribadi Anda diperlukan untuk kepentingan umum.
    2. Pemberitahuan Privasi dan praktik kami dirancang untuk memberikan tingkat perlindungan yang konsisten untuk informasi pribadi. Ini berarti bahwa bahkan di negara-negara yang undang-undangnya kurang memberikan perlindungan terhadap informasi Anda, Perusahaan akan tetap menangani informasi Anda dengan cara yang dijelaskan di sini.
  10. Keamanan Informasi Pribadi

    1. Perusahaan berkomitmen untuk melindungi keamanan informasi pribadi Anda dengan menerapkan kontrol, tindakan, dan protokol keamanan yang memadai dan ketat sesuai dengan praktik industri dan persyaratan hukum yang ada untuk menjaga dan mengamankan informasi pribadi Anda dari kehilangan, penyalahgunaan, modifikasi, ketidaksahan, atau tidak disengaja. akses atau pengungkapan, perubahan atau penghancuran.
    2. Untuk mencapai tujuan ini, tinjauan berkala terhadap risiko terhadap informasi pribadi akan dilakukan dan setiap kelemahan atau kelemahan keamanan yang teridentifikasi akan segera ditangani dan diperbaiki.
    3. Kami menerapkan langkah-langkah keamanan terlepas dari media penyimpanan informasi (kertas, disk komputer, dll.), sistem yang memprosesnya (mikrokomputer, mainframe, sistem pesan suara, dll.), atau metode pemindahannya ( surat elektronik, percakapan tatap muka, dll.). Perlindungan tersebut termasuk membatasi akses ke informasi berdasarkan kebutuhan untuk mengetahui. Perusahaan mencurahkan waktu dan sumber daya yang cukup untuk memastikan bahwa informasi dilindungi dengan benar.
    4. Sebagai sumber acuan kebutuhan keamanan informasi Perusahaan, kebijakan, standar dan prosedur keamanan informasi didokumentasikan dan dipelihara secara lengkap. Semua karyawan, termasuk yang direkrut, dididik tentang kewajiban mereka terkait informasi pribadi Anda. Konsultan atau pihak eksternal lainnya yang dikontrak untuk melakukan pekerjaan untuk Perusahaan juga harus memenuhi persyaratan ini dan jika sesuai, juga terikat dengan perjanjian kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan aset informasi Perusahaan.
    5. Kami juga meminta Anda untuk membantu kami dengan mematuhi langkah-langkah keamanan yang dirancang untuk melindungi nomor identifikasi dan kata sandi Anda dengan menjaganya tetap rahasia dan rahasia. Ini diatur dalam syarat dan ketentuan akun Anda. Anda mungkin dapat membatasi tanggung jawab Anda atas penggunaan akun Anda secara tidak sah jika Anda mematuhi persyaratan ini.
    6. Jika kami tidak lagi memerlukan informasi pribadi Anda, setelah berakhirnya periode penyimpanan yang relevan, kami akan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk menghancurkannya dengan aman atau menghapus fitur pengenal darinya.
  11. Akurasi Informasi Pribadi

    1. Perusahaan akan mengambil semua langkah praktis dan wajar untuk memastikan bahwa informasi pribadi Anda akurat, lengkap, dan mutakhir.
    2. Anda dapat membantu Perusahaan untuk menyimpan catatan yang akurat dan terkini dengan memberitahu kamisecara tertulis tentang setiap perubahan sehingga catatan tentang Anda dapat segera diperbarui.
  12. Akses ke Informasi Pribadi

    1. Sebagai pelanggan, Anda dapat menggunakan hak-hak berikut:
      1. Untuk memeriksa apakah Perusahaan menyimpan informasi pribadi tentang Anda dan memiliki akses ke data tersebut;
      2. Untuk meminta kami memperbaiki data apa pun yang berkaitan dengan Anda yang tidak akurat; dan
      3. Untuk memastikan kebijakan dan praktik kami terhadap data Anda dan untuk diberitahu tentang jenis data pribadi yang kami simpan.
    2. Perusahaan berhak untuk membebankan biaya yang wajar untuk pemrosesan permintaan akses data apa pun.
    3. Mengenai hak individu, orang yang meminta akses ke data atau koreksi data atau informasi mengenai kebijakan dan praktik dan jenis data pribadi yang disimpan, atau keluhan privasi, permintaan Anda harus diajukan secara pribadi sebagai berikut:
      1. a. Kunjungi cabang pemegang rekening Anda; atau
      2. Tulis dan kirimkan permintaan Anda ke:
        Pengelola Departemen Pengembangan Bisnis
        Ruko Duta Mas Fatmawati, blok C2 no 7, Jl. Fatmawati, RT.1/RW.5,
        Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus
        Ibukota Jakarta 12150
  13. Pemasaran Langsung/Telemarketing

    1. Perusahaan dapat dengan persetujuan Anda menggunakan informasi pribadi Anda untuk memberi Anda penawaran, buletin, dan materi/informasi pemasaran Perusahaan tentang produk, layanan, atau acara lain yang mungkin menarik bagi Anda.
    2. Jika sewaktu-waktu Anda memilih untuk tidak menerima informasi pemasaran tersebut dari kami, Anda dapat menginstruksikan kami untuk tidak mengirimi Anda materi lebih lanjut seperti berikut:
      1. Kunjungi kantor cabang pemegang rekening Anda; atau
      2. Tulis dan kirimkan permintaan Anda ke:
        Pengelola Departemen Pengembangan Bisnis
        Ruko Duta Mas Fatmawati, blok C2 no 7, Jl. Fatmawati, RT.1/RW.5,
        Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus
        Ibukota Jakarta 12150
    3. Kami akan memproses instruksi Anda sesegera mungkin.
  14. Tautan Situs Web

    Harap dicatat bahwa situs web Perusahaan kami mungkin berisi hyperlink ke situs lain yang tidak berafiliasi dengan Perusahaan. Situs web hyperlink mungkin atau mungkin tidak memenuhi standar privasi yang sama yang kami tetapkan untuk diri kami sendiri dan Anda harus berhati-hati untuk memahami dan mengevaluasi standar dan prosedur privasi khusus mereka. Tautan ke situs web tersebut bukan merupakan dukungan atas konten situs web tersebut dan tidak ada jaminan atas informasi yang terkandung dalam situs web tersebut.

  15. Perubahan pada Pemberitahuan Privasi ini

    Perusahaan sesekali akan memperbarui Pemberitahuan Privasi ini untuk mencerminkan perubahan pada kebijakan, proses, dan sistem kami untuk menangani informasi pribadi Anda. Saat kami memposting perubahan pada pemberitahuan ini, kami akan merevisi tanggal “Terakhir diperbarui pada” di halaman depan pemberitahuan ini. Kami mendorong Anda untuk meninjau pemberitahuan ini secara berkala.